DINAS PEHUBUNGAN KABUPATEN JEMBER

DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN JEMBER

Kamis, 25 Juli 2013

      
FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN

      Masalah kecelakaan lalu lintas merupakan masalah yang serius, karena akibat dari kecelakaan  melibatkan beberapa aspek baik langsung maupun tidak langsung. Ogden (1996) Dari Departemen Transportasi Inggris Raya (1986) memberikan suatu definisi kecelakaan yaitu ”Suatu kejadian yang bersifat jarang, acak, dan dipengaruhi banyak faktor serta selalu didahului oleh situasi dimana satu atau beberapa orang  gagal menyesuaikan diri dengan lingkungannya”.
Secara umum, terdapat beberapa faktor penyebab kecelakaan, yaitu:
-          Faktor pengguna jalan (road user);
-          Faktor kendaraan (vehecle);
-          Faktor jalan dan lingkungan (road and environment).
      Kecelakaan terjadi umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan hasil interaksi antar beberapa faktor. Kecelakaan terjadi juga dipengaruhi oleh elemen yang ada pada diri pengguna jalan.
      Elemen-elemen penyebab kecelakaan Pengguna Jalan dapat dilihat dari segi fisiologi dan psikologinya. Berikut merupakan faktor elemen fisiologi dan psikologi seseorang yang mempengaruhi penyebab kecelakaan :

Elemen Fisiologi
No
Elemen Psikologi
Sususnan saraf
1
Motivasi
Penglihatan
2
Kecerdasan
Pendengaran
3
Pengalaman
Kestabilan perasaan
4
Emosi
Perasaan Lain (bau & sentuhan)
5
Kedewasaan
Kelelahan, mabuk
6
Kebiasaan

      Perlu adanya pengkajian dan perbaikan system mengenai faktor kecelakaan tersebut agar keselamatan di Indonesia dapat meningkat. Pengkajian dan perbaikan system tidak hanya dilihat dari satu segi aspek saja untuk diakukan perbaikan, tapi deri segi jalan, manusia, lingkungan beserta aparatur dalam bidang lalu lintas perlu dilakukan pengkajian dan perbaikan system maupun cara berfikirnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar