DINAS PEHUBUNGAN KABUPATEN JEMBER

DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN JEMBER

Sabtu, 20 Juli 2013

KACA SPION

     Kaca spion adalah cermin yang digunakan di mobil atau sepeda motor ataupun kendaraan lainnya untuk melihat keadaan atau lalu lintas yang ada di belakang kendaraan, atau pada saat memundurkan kendaraan, ataupun untuk melihat kebelakang pada saat akan membelok/pindah lajur lalu lintas. Kaca spion merupakan perangkat bantu penglihatan secara luas ketika berkendara. Rata – rata pengemudi kendaraan bermotor melihat kaca spionnya selama 5 sampai 8 detik ketika berkendara.



     Ada berbagai perangkat yang dapat digunakan untuk meningkatkan peranan kaca spion bagi pengemudi yaitu:
          1. Menggunakan cermin tambahan / Blackspot mirror
          2. Menggunakan kamera video

     Setiap kendaraan bermotor menggunakan beberapa kaca spion sekaligus untuk memperluas pandangan dan mengurangi titik buta pengemudi seperti:
· Mobil/bus
· Tengah diatas dashboad
· Pada pintu ataupun fender kiri dan kanan
· Truk
· Pada bagian atas jendela kanan dan kiri dengan kaca spion majemuk
· Sepeda Motor
· Pada stang kiri dan kanan

      Bukan juga sekadar pelengkap agar tidak melanggar aturan! Ini komponen pendukung kedua yang perlu diseting agar berkendara jadi aman. Terserah model apapun kaca spion sampeyan, mengatur arah cerminnya lebih utama.
      sebagian besar pengguna kendaraan bermotor menganggap spion adalah hal spele dalam perlengkapan kendaraan. padahal jika kendaraan tidak dilengkapi spion akan membuat pandangan pengemudi menjadi terbatas. terutama pada kalangan remaja, Survey membuktikan, bahwa remaja saat ini menganggap kaca spion standart pada sepeda motor merupakan hal yang buruk bagi penampilan kendaraannya. Mereka menggap kurang gaul jika spion lengkap berada pada kendaraannya, hal ini terjadi biasanya pada kalangan SMA serta PT maupun club motor daerah.







      Oleh karena itu, pentingnya pemberian mata pelajaran safety raiding perlu dicanangkan dalam pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi. Dengan adanya materi tersebut sejak dini akan mebuat pola pikir manusia berubah tentang penialaianya yang menganggap spele perlengkapan pada kendaraan bermotor.


sumber : wikipedia ensiklopedi
              google image


Tidak ada komentar:

Posting Komentar